PENGARUH PENJUALAN DAN HARGA POKOK PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini penjualan dan harga pokok penjualan sedangkan variabel dependennya adalah laba kotor.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 16 perusahaan selama 4 (empat) tahun pengamatan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan tidak berpengaruh terhadap laba kotor dengan thitung lebih kecil dari ttabel sebesar 1,770 < 2,000dan tingkat signifikansi 0,196 > 0,05, sedangkan harga pokok penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba kotor dengan thitung lebih besar daripada ttabel sebesar 9,017 > 2,000 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Collections
- Akuntansi [1723]