PENGARUH PROMOSI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT BELI PRODUK MENANTEA PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi dan Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli produk Menantea pada Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel probabilita, yaitu random sampling dengan jumlah sampel 99 responden.
`Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner melalui google form. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji F dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5,134) > ttabel (1,984) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3,805) > ttabel (1,984) dan nilai signifikan v sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan didapatkan bahwa Promosi dan Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (33,929) > Ftabel (3,09) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,414 artinya bahwa variabel Minat Beli mampu dijelaskan oleh Promosi dan Celebrity Endorsement 44,4%. Sedangkan sisanya 58,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]