PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN APLIKASI SHOPEE DI KOTA BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian secara online den aplikasi pada masyarakat kota Berastagi, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probality sampling, yaitu Snowball sampling dengan jumlah sampel 100 responden, menggunakan data primer dan data sekunder dengan kuesioner skala likert melalui google form.
Data penelitian ini diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda serta uji hipotesis melalui uji parsial dan uji simultan. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji reabilitas, variabel Strategi Harga (X1), Strategi Distribusi (X2), Strategi Pmebayaran Ditempat (COD) (X3) dan Keputusan Pembelian (Y) dapat disimpulkan valid dan reliable berdasarkan kriteria pengujian rhitung dan cronbach alpha > 0,60 dari semua indikator masing-masing variabel.
Berdasarkan kriteria pengujian ttabel nilai thitung yang dihasilkan pada variabel Strategi Harga (X1) = 2,953 > ttabel (α = 0,05/2; n-k-1) = 1,66071. Berarti variabel Strategi Harga (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kriteria pengujian ttabel nilai thitung yang dihasilkan pada variabel Strategi Distribusi (X2) = 2,330 > ttabel (α = 0,05/2; n-k-1) = 1,66071. Berarti variabel Strategi Distribusi (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kriteria pengujian ttabel nilai thitung yang dihasilkan pada variabel Strategi Pembayaran Ditempat (COD) (X3) = 2,110 > ttabel (α = 0,05/2; n-k-1) = 1,66071. Berarti variabel Strategi Pembayaran Ditempat (COD) (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan tabel 4.37 didapat nilai fhitung sebesar 4,986 > ftabel (α = k; n-k) = 3,09 dengan F sig. 0,000 dimana F sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Dapat diartikan bahwa Strategi Harga (X1), Strategi Distribusi (X2) dan Strategi Pembayaran Ditempat (COD) (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Untuk koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,135 artinya bahwa variabel Strategi Harga, Strategi Distribusi, dan Strategi Pembayaran Ditempat (COD) 13,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]