KEMAMPUAN MEMBEDAKAN HOMONIM, HOMOFON DAN HOMOGRAF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Sitompul, Friska Kartika. 2010. Kemampuan Membedakan Homonim, Homofon, Dan Homograf Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2010/2011. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan. Dosen Pembimbing I, Drs. Pontas Jamaluddin Sitorus,M.Pd, dan Pembimbing II, Drs. Edison Simaremare, M.Pd.
Kata kunci: Homonim, Homofon, dan Homograf
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membedakan homonim,homofon, dan homograf untuk memperoleh data tersebut, dilakukan penelitian terhadap siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2010/2011. Jumlah populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 sekitar 160 orang. Jumlah sampel dalam penelitian diambil sebanyak 25% x160 = 40 orang. Dalam pengambilan sampel teknik yang digunakan adalah teknik random (acak).
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu tes objektif/pilihan berganda. Kemampuan membedakan homonim,homofon,dan homograf menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 30 soal. Setiap soal diiringi dengan 4 pilihan jawaban yaitu a, b, c, dan d, untuk menghitung nilai objektif/nilai akhir setiap siswa menggunakan rumus standar mutlak yaitu = x 100.
Dari hasil analisis data penelitian ini, diperoleh hasil uji validitas dengan nilai rhitung > rtabel yakni 0,422 > 0,312, dengan demikian kemampuan membedakan homonim homofon dan homograf berada pada taraf signifikan. Setelah dilakukan uji validitas selanjutnya peneliti mengelolah data yaitu dengan menghitung skor mentah, cara menghitung score mentah dilakukan dengan mengitung jumlah jawaban yang benar saja, selanjutnya peneliti menghitung nilai mean (rata-rata). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah 71 yaitu yang berada pada tingkat baik.