• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN T.A 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    MUTIARA MIYAGI PUTRI RESIPA SITANGGANG.pdf (259.7Kb)
    Date
    2022-11-16
    Author
    SITANGGANG, MUTIARA MIYAGI PUTRI RESIPA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA St.Thomas 3 Medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas XI SMA St.Thomas 3 yang berjumlah 44 orang siswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis Secara Parsial (Uji-t), Uji Hipotesis Secara Simultan (Uji F) dan Koefisien Determinasi (Uji R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan diperoleh persamaan = 44.627 + 0.382X1 + 0.193X2 dengan pejelasan bahwa setiap peningkatan 1% lingkungan keluarga maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0.382 dan setiap peningkatan 1% teman sebaya maka prestasi belajar akan meningkat 0.193. Uji hipotesis secara parsial (Uji-t) untuk variabel X1 diperoleh t-hitung X1 (0.596) > t-tabel (1.680) dan p-value (0.000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas X1 (lingkungan keluarga) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (prestasi belajar). dan variabel bebas X2 (teman sebaya) diperoleh t-hitung (0.379) > t-tabel (1.680) dan p-value (0.000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas X2 (teman sebaya ) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (prestasi belajar).
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7682
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback