• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI PERILAKU SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERATING KELAS X IPS SMA GAJAH MADA T.A 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    SEYLAH M. SIHOMBING.pdf (298.2Kb)
    Date
    2022-12-16
    Author
    SIHOMBING, SEYLAH M.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Perilaku Siswa Sebagai Variabel Moderating Kelas X IPS SMA Gajah Mada T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada T.A 2022/2023 dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Angket(kuesioner) dan tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil thitung komunikasi guru 5,857˃ 2,109 dengan nilai signifikan yaitu 0,00<0,05 maka Ha1 diterima. Artinya komunikasi guru memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada T.A 2022/2023. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis secara simultan F diperoleh nilai Fhitung ˃Ftabel yaitu 15,312˃3,68 dengan tingkat signifikansi 0,000˂0,05. Berdasarkan hasil uji F tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi guru dan perilaku siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa Di SMA Gajah Mada T.A 2022/2023 atau Ha2 diterima. Nilai koefisien determinasi bahwa 70,5 % besarnya sumbangan komunikasi guru dan perilaku siswa terhadap hasil belajar siswa Di SMA Gajah Mada T.A 2022/2023. Maka dapat disimpulkan bahwa Perilaku siswa sebagai variabel moderating memperkuat dalam memoderasi komunikasi guru terhadap hasil belajar. Sedangkan sisanya, yaitu 29,5% hasil belajar dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7681
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback