• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS X SMA GAJAH MADA MEDAN T. A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    MESNI HARIANTY NAIBAHO.pdf (307.7Kb)
    Date
    2022-11-04
    Author
    NAIBAHO, MESNI HARIANTY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi fungsi komposisi di kelas X SMA Gajah Mada Medan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Gajah Mada Medan. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan media berbasis video untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, aktivitas peserta didik dan pembelajaran yang dilakukan guru. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dilaksanakan pada siklus I diperoleh secara klasikal 61,76% peserta didik yang mendapat nilai yaitu ada 21 peserta didik dan 38,24% peserta didik mendapat nilai yaitu ada 13 peserta didik. Sedangkan pada siklus II diperoleh secara klasikal 88,24% peserta didik yang mendapatkan nilai yaitu ada 30 peserta didik dan 11,76 % peserta didik mendapatkan nilai yaitu ada 4 peserta didik, besar peningkatan belajar klasikal dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 26,48%, dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori sangat aktif. Sehingga mengacu pada hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMA Gajah Mada Medan T.A. 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7501
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback