Show simple item record

dc.contributor.authorSIDABUTAR, ENJELIKA ROHANI
dc.date.accessioned2022-11-02T04:41:54Z
dc.date.available2022-11-02T04:41:54Z
dc.date.issued2022-11-02
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7444
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji hal hal yang membentuk dan memengaruhi niat ekspor UMKM UMKM melalui dua aspek manajemen yaitu resource based view (dengan variabel kepemimpinan kewirausahaan dari level organisasi dan orientasi kewirausahaan, orientasi pemasaran dari level individual atau pemimpin usaha) dan market based view (dengan variebel kebijakan pemerintah dan jaringan). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 132 responden dengan metode purposive sampling dan non probability sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksploratif. Analisis data yang digunakan ialah Structural Equation Modeling (SEM) dan fuzzy sets Qualitative Comparative Analisys (fsQCA). Hasil pengujian SEM menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan jaringan berpengaruh postif dan signifikan terhadap niat ekspor UMKM sementara kepemimpinan kewirausahaan, orientasi pemasaran, kebijakan pemerintah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat ekspor UMKM UMKM. Hasil uji fsQCA menunjukkan bahwa presence of condition kepemimpinan kewinrausahaan, orientasi kewirausahaan, kebijakan pemerintah dan jaringan dapat meningkatkan niat ekspor UMKM UMKM yang tinggi.en_US
dc.subjectResource based view,en_US
dc.subjectMarket based view,en_US
dc.subjectKepemimpinan kewirausahaan,en_US
dc.subjectOrientasi kewirausahaan,en_US
dc.subjectOrientasi pemasaran,en_US
dc.subjectKebijakan pemerintah,en_US
dc.subjectJaringan.en_US
dc.titlePENGGUNAAN ANALISA STRUKTURAL DAN KONFIGURASIONAL UNTUK MEMAHAMI NIAT EKSPOR UMKM DI INDONESIA STUDI KASUS: UMKM INDONESIAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record