• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMA YAPIM TARUNA MEREK SEMESTER GANJIL T.A 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    ITA MARIANI Br. MANURUNG.pdf (329.2Kb)
    Date
    2022-10-27
    Author
    Br. MANURUNG, ITA MARIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMA Yapim Taruna Merek Semester Ganjil T.A 2022/2023. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Yapim Taruna Merek dengan sampel 30 orang yaitu X IPA1 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta respon Lembar observasi peserta didik. Dari hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi Y ̂=9,646+0,799X. Dari uji kelinearan regresi diperoleh bahwa terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sedangkan pada uji keberartian persamaan regresi diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang berarti antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Koefisien korelasi r = 0,810 artinya , terdapat hubungan yang sangat kuat dan berarti antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sedangkan koefisien determinasi r^2=65,61% artinya tinggi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik 65,61% dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang digunakan sedangkan sisanya yaitu 34,39% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7303
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback