PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Guru memiliki peran yang sangat penting didalam pendidikan. Pada pembelajaran abad 21saat ini yang berbasis globalisasi teknologi banyak tantangan yang di hadapi oleh seorang guru dalam mendidik peserta didiknya. Perkembangan teknologi menawarkan berbagai fasilitas dunia maya yang memanjakan generasi muda sehingga mereka lupa akan waktu untuk beraktivitas. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang serius dan menjadi perhatian bagi seorang guru dalam memodifikasi pembelajaran menjadi lebih inovatif dan menarik tanpa meninggalkan nilai-nilai karakter budaya bangsa Indonesia. Kegiatan pembelajaran sepanjang hayat untuk mengembangkan potensi peserta didik melalui nilai kearifan lokal sangat mendukung terwujudnya pelajar Pancasila. Oleh sebab itu implementasi di sekolah dalam bentuk pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu peserta didik mengenal, menyadari dan menghayati aspek-aspek sosial, moral, etika, yang dapat dijadikan acuan dalam bersikap dan berperilaku sebagai salah satu dimensi dari kompetensi lulusan berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (Library Research) dimana studi kepustakaan merupakan kegiatan mengumpulkan dan memilah-milah bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku dan jurnal-jurnal ilmiah. Hasil penelitian menemukan bahwa peran guru sangat penting kepada peserta didiknya untuk mewujudkan kompetensi global menuju pelajar Pancasila melalui pendidikan karakter dalam nilai-nilai kearifan lokal.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]