• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

    Thumbnail
    View/Open
    PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK.pdf (367.2Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Lubis, Tia Yolanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini menguraikan karakter bangsa Indonesia yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Bangsa Indonesia perlahan tapi pasti mengalami krisis karakter bangsa, krisis karakter ini didominasi oleh generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam pengembangan karakter siswa. Penelitian ini didasarkan pada metodologi kualitatif, seperti studi pustaka atau studi literasi terhadap berbagai buku dan artikel yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Penulis mengumpulkan informasi dari makalah dan jurnal referensi situs web terkemuka. Penulis melakukan studi kepustakaan dalam penelitian ini dengan membaca, menyimpulkan, kemudian mengolah dan membuat data-data yang terkumpul sebagai bahan dari penelitian yang dilakukan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi karakter suatu bangsa. Ada berbagai disiplin ilmu yang dapat membantu proses ini, termasuk Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan penting dalam pembentukan karakter warga negara yang baik. Upaya pengembangan karakter warga negara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia, warga negara yang aktif dalam menyampaikan aspirasinya dan memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, tidak hanya melalui pengetahuan kewarganegaraan, tetapi juga melalui keterampilan kewarganegaraan dan pengembangan karakter (civic character). Pendidikan Kewarganegaraan juga memiliki tujuan lain, seperti mengembangkan keterampilan partisipatif yang menjadikan warga negara Indonesia lebih aktif, kritis, cerdas, dan demokratis, serta menumbuhkan budaya demokrasi yang beradab. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang dapat dibuat adalah agar semua pihak memperhatikan dan berpartisipasi dalam pengembangan karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7071
    Collections
    • Ilmu Pendidikan [46]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback