• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK

    Thumbnail
    View/Open
    PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK.pdf (260.2Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Br Ginting, Siti Mahara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru merupakan model yang ditiru oleh peserta didiknya, kini bahkan sebaliknya. Karena sebagian guru tidak mampu lagi menjadikan dirinya sebagai pribadi yang patut diteladani oleh peserta didiknya, dikarenakan lunturnya ketulusannya sebagai pendidik yang berhati nurani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal di era revolusi industri 4.0 pada peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian menggunakan berbagai sumber tertulis seperti jurnal dan dokumen- dokumen yang relevan terhadap penelitian ini. Studi ini memfokuskan pada peran guru sebagai pendidik dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal di era revolusi industri 4.0. Hasil studi menunjukkan bahwa peran guru tidak dapat tergantikan sepenuhnya oleh teknologi. Peran guru yang tidak dapat digantikan tersebut antara lain: telat dan dalam tindakan, sikap ataupun karakter dan inspiratif serta pasion/gaya. apalagi Di zaman milenial seperti saat ini orang-orang begitu cepat mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, akibatnya dapat membawa dampak yang beragam ada yang bernilai positif dan ada juga yang bernilai negatif. Dampak positifnya mengetahui berita dan ilmu pengetahuan dengan sangat mudah. Namun dengan ini juga menimbulkan dampak yang negatif salah satunya adalah derasnya arus kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia yang menyebabkan mulai terkikisnya nilai-nilai kearifan budaya lokal masyarakat Indonesia. Dan untuk tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal maka guru memiliki peran penting terutama dalam menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal. Agar nilai-nilai keraifan lokal tidak terkikis dengan perkembangan zaman yang semakin maju.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7057
    Collections
    • Ilmu Pendidikan [46]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback