• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS RASIO PERPUTARAN PIUTANG DAN TINGKAT LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI INDUSTRI ALAT KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID19 TAHUN 2021 (STUDI KASUS PT. GEMBIRA AMAN SENTOSA)

    Thumbnail
    View/Open
    ONDO JOHAN H. SIREGAR.pdf (301.3Kb)
    Date
    2022-05-23
    Author
    SIREGAR, ONDO JOHAN H.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dugaan masalah rasio perputaran piutang terhadap rasio kas serta mencari tahu penyebab terjadinya masalah perputaran piutang dan pembayaran hutang pada kuartal ketiga (Q3) pada PT. Gembira Aman Sentosa tahun 2021 disaat pandemi Covid-19 menunjang tumbuhnya industri alat kesehatan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dan data primer, dengan jenis penelitian yaitu penelitian studi kasus dengan metode analisis Root Cause Analysis (RCA) dengan pendekatan teknik 5 Why Analysis dan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada PT. Gembira Aman Sentosa yang dapat dilihat dari perhitungan rasio perputaran piutang dan rasio kas, bahwa dapat dibuktikan perputaran piutang yang lambat pada PT. Gembira Aman Sentosa sehingga berdampak pada rasio kasnya, menyebabkan persediaan kas kurang dan hutang lancar menumpuk. Setelah ditelusuri lebih dalam, hal ini terjadi sebagai akibat dari kebijakan kredit perusahaan yang kurang mempertimbangkan secara cermat jumlah kredit dan jangka waktu pembayaran bagi pelanggannya, membuat perusahaan menjadi lambat dalam kemampuan penagihan piutangnya sehingga berdampak kekurangan persediaan kas karena terlalu besar investasi dalam piutang. Berdasarkan kesimpulan, maka dikemukakan saran kepada perusahaan yaitu untuk melakukan pertimbangan pemberian kebijakan kredit terhadap pelanggannya dan untuk lebih berhati-hati dalam membuat keputusan pemberian kredit.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6727
    Collections
    • Akuntansi [1801]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback