Show simple item record

dc.contributor.authorSITANGGANG, YUNI KARTIKA
dc.date.accessioned2022-05-23T08:35:56Z
dc.date.available2022-05-23T08:35:56Z
dc.date.issued2022-05-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6720
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji peran YouTube travel vlog memengaruhi minat berkunjung wisatawan ke destinasi wisata di Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peminat pariwisata yang mempunyai akses dengan platform media sosial YouTube. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 215 responden dengan metode purposive sampling dan non probability sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksploratif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi konsumen (kebaruan, hiburan dan relaksasi), hubungan parasosial, kepercayaan dan minat berkunjung. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dan fuzzy sets Qualitative Comparative Analysis (fsQCA). Hasil pengujian SEM menunjukkan bahwa kebaruan, hiburan dan relaksasi berpengaruh signifikan terhadap hubungan parasosial. Hiburan dan relaksasi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, sedangkan kebaruan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hubungan parasosial berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Hasil uji fsQCA menunjukkan bahwa presence of condition kebaruan, hiburan, hubungan parasosial dan kepercayaan dapat meningkatkan minat berkunjung yang tinggi. Selain itu, adanya presence of condition hiburan, relaksasi, hubungan parasosial dan kepercayaan juga dapat meningkatkan minat berkunjung yang tinggi. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis dan praktis sehingga dapat memanfaatkan YouTube travel vlog untuk menciptakan minat berkunjung.en_US
dc.subjectYouTube travel vlog,en_US
dc.subjectMotivasi Konsumen,en_US
dc.subjectHubungan Parasosial,en_US
dc.subjectKepercayaan danen_US
dc.subjectMinat Berkunjungen_US
dc.titleYOUTUBE TRAVEL VLOG DAN MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN: BUKTI EMPIRIS DARI STRUCTURAL EQUATION MODELING DAN FUZZY SETS QUALITATIVE COMPARATIVE ANALYSISen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record