dc.description.abstract | Penelitian ini dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Swasta Era Utama Pancur Batu, bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, terhadap kemampuan belajar siswa di SMP Swasta Era Utama Pancur Batu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretest-Posttest Design, dan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Era Utama Pancur Batu terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan sistem probalitas sampling, sehingga kelas VIII dibagi menjadi 2 kelompok, yang kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 14 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 14 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 orang guru bidang studi IPA SMP. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretestt dan posttest, pada masing-masing kelompok sampel memiliki data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors menggunakan Ms.excel. Selanjutnya data untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dan telah diuji dengan menggunakan uji F Ms.excel. Uji Hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa tsignifikansi < t yaitu (0,001 < 0,05)). maka hasil hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi Cahaya di Kelas VIII SMP Swasta Era Utama Pancur Batu ada peningkatan kemampuan belajar siswa. Peningkatan kemampuan belajar siswa sebesar 8,76% pada kelas eksperimen dan kontrol disebabkan oleh adanya perbedaan pemberian perlakuan terhadap kedua kelas. | en_US |