Hubungan Kebiasaan Menonton FTV Remaja Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama oleh Siswa Kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Teladan Pematang Siantar 2014/2015.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan menonton FTV terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Teladan Pematang Siantar 2014/2015. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Teladan Pematang Siantar 2014/2015 yang berjumlah 169 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 orang diambil 25% dari semua kelas XI SMA.
Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk melihat kebiasaan menonton FTV remaja siswa dan tes penugasan untuk melihat kemampuan menulis naskah drama.
Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Ha : Ada hubungan kebiasaan menonton FTV remaja terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015.
Ho : Tidak ada hubugan kebiasaan menonton FTV remaja kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “liliefors” dengan rumus product moment:
Rxy = (N ∑XY-(∑X)(∑Y))/√({N(∑X^2)-(∑X)^2}{N(∑Y^2 )-(∑Y)^2})
Setelah data dianalisis, maka diperoleh persentase kebiasaan menonton FTV siswa dengan nilai rata-rata 69,02 adalah cukup dan persentase kemampuan menulis naskah drama dengan nilai rata-rata 72,71 adalah baik. Kemudian, setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,60 > 0,304.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan menonton FTV remaja memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Teladan Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015 sehingga hipotesis diterima.