Hubungan Kemampuan Membaca Cepat Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca cepat terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang bejumlah 272 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah sebanyak 41 orang.
Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes objektif berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal Metode penelitian ini bersifat korelasi dengan rumus yaitu:
N ∑ XY – ( ∑ X )( ∑ Y )
r xy =
√(〖{ N ∑▒〖X ²-(∑▒〖X )²} {N ∑▒〖Y ²-(∑▒〖Y )〗〗〗〗〗^2 )
Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni kemampuan membaca cepat tergolong baik dengan nilai rata-rata 72,09 dan kemampuan menemukan ide pokok paragraf tergolong baik dengan nilai rata-rata 83,09 Hubungan kemampuan membaca cepat terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf adalah signifikan dimana rhitung > rtabel pada taraf signifikan 95% = 0,399 > 0,308 maka penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan membaca cepat terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf oleh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun 2014/2015.