• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN IPS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 LAEPARIRA TAHUN AJARAN 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    SANTA RIAMA SIGALINGGING.pdf (347.0Kb)
    Date
    2022-02-04
    Author
    SIGALINGGING, SANTA RIAMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Selama Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Laeparira Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Laeparira Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel 56 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji-T), dan Uji Simultan (Uji-F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,432 > 1,672) dan nilai signifikansi 0,001 < 0.05, motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi thitung > ttabel (1,846>1,672), dan nilai signifikansi 0,002 < 0.05. Kemudian hasil perhitungan Uji Simultan (Uji-F) diperoleh > (31,060 > 3,16) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan positif dan signifikan Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan hasil persamaan regresi, Y= 86,114 + 0,299 X1 + 0,078 X2 dan koefisien determinasi 0,402 atau 4,02%. Maka dapat disimpulkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah berarti.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6475
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback