HUBUNGAN PEMAHAMAN MAKNA KATA BERIMBUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP TRI SAKTI LUBUK PAKAM T.A 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan kemampuan pemahaman makna kata berimbuhan terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2014/2015 yang berjumlah 122 orang. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 20 % dari 122 adalah 24 siswa dengan teknik yang digunakan untuk menetapkan sampel adalah teknik random atau acak.Metode yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Dari hasil analisis data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pemahaman makna kata berimbuhan 68,37 dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita adalah 76,95.
Dari hasil perhitungan pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh r hitung 0,916 dan r tabel 0,405. Ternyata r hitung > r tabel (0,916 >0,405). Berdasarkan hasil uji coba hipotesis Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara pemahaman makna kata berimbuhan terhadapa kemampuan menulis teks berita bagi siswa kelas VIII SMP Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2014/2015.