Pengaruh PenggunaanModel CooperatifLearning Terhadap Kemampuan Menulis ParagrafArgumentasiOleh Siswa Kelas X SMA Tri SaktiLubukPakam Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa di dalam menulis paragrafargumentasi didasarkan karena model pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak membuat siswa termotivasi dan kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa merasa pembelajaran menulis paragrafargumentasi membosankan. Terkadang siswa juga kesulitan di dalam membuatparagrafargumentasisehingga model cooperatiflearning ini bisa membuat siswa menjadi termotivasi di dalam menulis dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperatiflearning terhadap kemampuan menulis paragrafargumentasi oleh siswa kelas X SMA Tri SaktiLubukPakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasipenelitianiniadalahseluruhkelas X SMA Tri SaktiLubukPakamTahunPembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 48 orang.Sampelpenelitianiniadalahkeseluruhanpopulasiyaitu 48 orang.Desaineksperimen yang digunakandalampenelitianiniadalahOne Group Pretest-Postest Design.Pengujian Pengaruh ModelCooperatifLearning Terhadap Kemampuan Menulis ParagrafArgumentasi dengan menggunakan uji “t”.
to = M_(1-M_2 )/SE_(m1-m2)
Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh meodelcooperatiflearning dalam kemampuan menulis paragrafargumentasi di kelas X SMA Tri SaktiLubukPakam Tahun Ajaran 2015/2016, dilakukan data penelitian dengan langkah: 1). Uji normalitas dimanar_hitung<r_tabel, ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari kemampuan menulis paragrafargumentasidengan menggunakan modelcooperatif learning berdistribusi normal. 2). Uji Homogenitas 3).Uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” dimana r_hitung (1,992) >r_tabel (1,676) ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan modelcooperatif learning terhadap kemampuan menulis paragrafargumentasi siswa di kelas X SMA Tri SaktiLubukPakam Tahun Ajaran 2015/2016.