• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    EFNO PATRICIA SITOMPUL.pdf (236.4Kb)
    Date
    2022-01-21
    Author
    SITOMPUL, EFNO PATRICIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemandirian matematis peserta didik dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui pembelajaran online di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu 2 siklus dalam penelitian dengan 4 kali pertemuan, masing-masing siklus 2x pertemuan. Peneliti menggunakan aplikasi pembelajar online( WhatsApp). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini dilakukan hanya 1 kelas dari 8 kelas yang ada, yaitu kelas VIII-3 yang berjumlah 33 orang. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kemandirian, yang diberi guru sebelum dan sesudah melakukan tindakan dan tes akhir(Post-Test) yang diberikan sesudah melakukan tindakan serta observasi. Meningkatnya kemampuan kemandirian matematis matematis peserta didik apabila ketuntasan klasikal peserta didik yang diperoleh ≥70%. Data–data yang didapat tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila hasil ketuntasan klasikal ≥70% maka Hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data hasil angket dengan ketuntasan klasikal 49,84% dengan kategori kemandirian matematis peserta didik dikatakan cukup dan dari observasi yang dilakukan sesudah tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 58,63% dengan kategori kemandirian matematis peserta didik cukup pada siklus I, pada siklus II data hasil angket dengan ketuntasan klasikal 72,32% dengan kategori baik dan dari hasil observasi dengan ketuntasan klasikal 73,88% dengan kategori baik. Maka tingkat kemandirian matematis peserta didik dari pemberian angket dan lembar observasi pada siklus I dan siklus II sesudah melakukan tindakan meningkat sebesar 22,48% pada angket kemandirian dan 17,25% pada observasi. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatatan kemandirian matematis peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masa;ah pada pembelajaran daring dapat meningkatkan kemandirian matematis peserta didik di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6288
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback