Pengaruh Metode Gallery Walk Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi di SMP Negeri 1 Tigaraja TP 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Galerry Walk dalam pembelajaran daring terhadap kemapuan menulis teks eksposisi di SMP Negeri 1
Tigaraja TP 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Two grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Tigaraja dengan jumlah 128 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C dan VIII-D sebanyak 64 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan metode Gallery walk, diperoleh ninai rata-rata yaitu 60,62 dengan simpangan baku 7,04 dan nilai rata-ratapada posttest yaitu 80 denan simpangan baku 7,7. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t”
pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (13,81 > 1,99), dengan
demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh Metode Galerry Walk dalam pembelajaran Daring Terhadap
kemapuan Menulis Teks Eksposisi di SMP Negeri 1 Tigaraja.