P EN GA R U H MOD EL P E MBE LA JA R A N KOOP ERA TI F TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 SUMBUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Sumbul. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sumbul. Dengan teknik Clutser Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes post test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Hasil uji prasyarat data post test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau 2.85 < 3,01 maka H0 diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil koefisien korelasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik diperoleh rhitung > rtabel atau 0.481 > 0,468, yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemamapuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Dan dari uji keberartian regresi diperoleh thitung > ttabel atau 4,81 > 4,49, sehingga H0 diterima maka terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y diperoleh r2 = 23,12%, yang berarti bahwa 23,12% kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran Snowball Throwing, sehingga dapat di simpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Sumbul. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses peserta didik dan diperoleh nilai akhir 84,52 dengan kategori penilaian aktif. Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing diperoleh nilai akhir 88,64 dengan kategori sangat baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]