• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Time Token Arrends Terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola oleh Siswa Kelas VII SMP 37 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”.

    Thumbnail
    View/Open
    Sarce Purba.pdf (215.8Kb)
    Date
    2017-08-22
    Author
    Purba, Sarce
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif dengan teknik time token arrends terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola oleh siswa kelas VII SMP 37 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 204 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif dengan teknik time token arrends terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola oleh siswa kelas VII SMP 37 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP 37 Medan yang berjumlah 204 orang siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang dibagi menjadi dua kelas yaitu 34 orang untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol berjumlah 34 orang, sampel diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah berupa penugasan menceritakan tokoh idola proses dengan menggunakan teknik pembelajaran time token arrendsuntuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran time token arrendsterhadap kemampuan menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP 37 Medan, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas VII SMP 37 Medandalam menceritakan tokoh idola proses tanpa menggunakantekniktime token arrendsmemiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 78,65 serta kemampuan siswa kelas VII SMP 37 MedanParanginan dalam menceritakan tokoh idola proses dengan menggunakan teknik time token arrendsmemiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 63,88. Berdasarkan uji normalitas hasil post-tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka di ketahuilah thitung=4,7877. Selanjutnya ttabeldengan dk = (n1 + n2) – 2 = 66. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 1,9980. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 4,7877>1,9980, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti teknik time token arrendsefektif dalam meningkatkan kemampuan menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP 37 MedanTahun Pembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/618
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback