Pengaruh Model ARIAS Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2015/2016.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model ARIAS Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini akan dilakukan di SMA Negeri 1 Sei Bamban yang beralamat di Jl. Pendidikan Kecamatan Si Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian dilakukan pada kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban yang berjumlah 160 Orang.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Instrumen penelitian berupa penugasan, dilakukan dua (2) kali yakni pada pre-test dan post-test. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji pesryaratan analisis (normalitas & homogenitas).
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean= 68,5, Standar Deviasi = 8,15 dan Standar Error = 1,30. Uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel (0,1492 < 0,1401) normal, sedangkan pada post-test dengan mean 82,1, Standar Deviasi = 8,77 dan Standar Error = 140 dan pada uji normalitas pos-test Lhitung < Ltabel (0,1931 < 0,1401), keduanya normal. Kemudian pada uji homogenitas harga Fhitung = 0,86 dan harga Ftabel = 1,69. Fhitung < Ftabel jadi (0,86 < 1,69) kedua data homogen, uji hipotesis hasil thitung = 0,86 dan ttabel = 2,06, maka diperoleh thitung > ttabel (0,86 > 2,06).
Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa model ARIAS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2015/ 2016.