Hubungan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Oleh Siswa Kelas X SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman kosakata terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi oleh siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah 122 dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pemahaman kosakata terhadap kemampuan menulis karangan eksposisi. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda dan penugasan menulis karangan eksposisi.
rxy=(n∑▒〖xY-(∑▒〖X)(∑▒〖Y)〗〗〗)/(√({n∑▒x^(2 ) )–(∑▒〖X)〗^2 }{n∑▒〖Y^2-(∑▒〖〖Y)〗^2}〗〗)
Dari hasil analisis korelasi diperoleh rxy adalah sebesar 0,6060 sedangkan nilai r tabel pada taraf signifikasi 5% α = 0,05 dengan N =30 adalah 0,361. Dengan demikian r hitung > r table atau 0,6060 > 0,361.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosa kata dengan kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.