• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENYIMPANGAN PRINSIP KERJASAMA PADA KOMUNIKASI GRUP WHATSAPP MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN : KAJIAN PRAGMATIK

    Thumbnail
    View/Open
    INRI SILABAN.pdf (198.3Kb)
    Date
    2021-12-16
    Author
    SILABAN, INRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul, Analisis Penyimpangan Prinsip Kerjasama Pada Komunikasi Grup Whatsapp Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen Medan : Kajian Pragmatik bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk penyimpangan prinsip kerjasama dan faktor terjadinya penyimpangan prinsip kerjasama yang terdapat pada Pada Komunikasi Grup WhatsApp Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen Medan dengan teori Prinsip kerjasama menurut Grice. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. data dan sumber data yang digunakan adalah data penelitian ini berupa tuturan yang menyimpang prinsip kerjasama pada komunikasi grup WhatsApp Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stambuk 2017 Grup A. sumber data adalah hasil foto, Screenshot chat atau pesan komunikasi grup WhatsApp Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stambuk 2017 Grup A . Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. selanjutnya teknik analisis data dengan langkah berupa Reduksi data (Identifikasi data dan klasifikasi data) dan Penyajian Data, dan penarikan kesimpulan.sehingga data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui bentuk penyimpangan prinsip kerjasama Pada Komunikasi Grup WhatsApp Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Stambuk 2017 Grup A . Berdasarkan hasil penelitian terdapat penyimpangan prinsip kerjasama sebanyak 50 tuturan yang meliputi empat maksim . Adapun rinciannya yang terdiri dari Maksim Kuantitas sebanyak 7 tuturan atau setara dengan 14%, Maksim Kualitas sebanyak 16 tuturan atau setara dengan 32%, Maksim Relevansi sebanyak 17 tuturan atau setara dengan 34%, dan Maksim Pelaksanaan sebanyak 10 tuturan atau setara dengan 20%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5851
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback