Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual dan Intelektual) Terhadap Kemampuan Siswa Bermain Drama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatis, Audiotori, Visual dan Intelektual) terhadap kemampuan siswa bermain drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan angket. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data,dan verifikasi.
Hasil penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara peneliti dengan guru yaitu bahwa siswa lebih memahami kegitan bermain drama dengan menentukan struktur drama yaitu, prolog, dialog, epilog, dengan hasil angket yaitu tanggapan atau responden siswa terhadap angket yang dibagikan melalui via whatsapp, dibuktikan dengan 22 siswa tertarik bermain drama, 20 menyukai pembejaran menulis teks ekspsosisi, dan 18 mampu memahami struktur drama.