PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BALOK DI KELAS VIII SMP RK FRANSISKUS XAVERIUS NAMORAMBE T. A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi balok di kelas VIII SMP RK Fransiskus Xaverius Namorambe. Jenis penelitian ini adalah penelitian The One Shot Case Study dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP RK Fransiskus Xaverius Namorambe. Dengan teknik purposive Random Sampling , diperoleh sampel penelitian kelas VIII yang terdiri dari 35 orang peserta didik, namun dikarenakan masa pandemic maka hanya 10 orang peserta didik yang diikut sertakan. Instrumen yang digunakan adalah soal Post-Test dengan bentuk soal essay yang telas dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi peserta didik mengenai penerapan pendekatan pembelajaran Saintifik.Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh rata-rata Post-Test adalah 70,63 dengan simpangan baku 17,69 dan nilai rata-rata observasi siswa 83,03 dengan simpangan baku 5,14. Hasil uji normalitas menyatakan X dan Y berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji regresi dan korelasi dengan α = 0,05.
Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran saintifik dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]