• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BALOK DI KELAS VIII SMP RK FRANSISKUS XAVERIUS NAMORAMBE T. A. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    NOVIDA HOTMARIA SIBORO.pdf (346.1Kb)
    Date
    2021-12-13
    Author
    SIBORO, NOVIDA HOTMARIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi balok di kelas VIII SMP RK Fransiskus Xaverius Namorambe. Jenis penelitian ini adalah penelitian The One Shot Case Study dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP RK Fransiskus Xaverius Namorambe. Dengan teknik purposive Random Sampling , diperoleh sampel penelitian kelas VIII yang terdiri dari 35 orang peserta didik, namun dikarenakan masa pandemic maka hanya 10 orang peserta didik yang diikut sertakan. Instrumen yang digunakan adalah soal Post-Test dengan bentuk soal essay yang telas dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi peserta didik mengenai penerapan pendekatan pembelajaran Saintifik.Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh rata-rata Post-Test adalah 70,63 dengan simpangan baku 17,69 dan nilai rata-rata observasi siswa 83,03 dengan simpangan baku 5,14. Hasil uji normalitas menyatakan X dan Y berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji regresi dan korelasi dengan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran saintifik dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5785
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback