Proses Pembelajaran Bermain Piano Anak Kelas Preparatory Melalui Metode Learning by playing Di Lembaga Sketsa Musik Tanjung Morawa.
Abstract
Skripsi ini membahas tentang proses pembelajaran bermain piano anak kelas preparatory melalui metode learning by playing di lembaga sketsa musik Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran bermain piano anak kelas preparatory. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran piano diterapkan dengan menggunakan metode learning by playing, Ada 2 tahap yang dilaksanakan di dalam pembelajaran, yaitu tahap learning dan tahap playing. Proses pembelajaran berjalan dengan lancar hingga sampai hasil evaluasi. Hasil evaluasi ditentukan dari nilai ujian teori dan praktek untuk kenaikan grade. Mengenai hasil pembelajarannya, siswa dinyatakan lulus dalam memainkan lagu dengan menggunakan alat musik piano. Dengan menggunakan metode pembelajaran learning by playing yang diterapkan pada proses pembelajaran alat musik piano, benar-benar efektif dan efisien untuk meningkatkan motivasi serta mengasah kemampuan musikal siswa kelas Preparatory Piano di Lembaga Sketsa Musik Tanjung Morawa. Untuk siswa yang dinyatakan lulus ujian teori dan praktek akan memperoleh sertifikat kelulusan dan kenaikan grade, khususnya untuk kenaikan grade anak kelas preparatory akan naik ke kelas grade 1A.
Collections
- Seni Musik [142]