dc.contributor.author | Sihombing, Kaleb Felix Andreas Hendro Michael | |
dc.date.accessioned | 2021-12-06T05:32:10Z | |
dc.date.available | 2021-12-06T05:32:10Z | |
dc.date.issued | 2021-12-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5645 | |
dc.description.abstract | Kinerja tenaga kependidikan pada Universitas HKBP Nommensen sangat mempengaruhi kinerja instansi dalam rangka mewujudkan visi yang diakui menuju Perguruan Tinggi berkelas dunia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh komitmen tenaga kependidikan dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan melalui motivasi pada Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah tenaga kependidikan Universitas HKBP Nommensen dengan sampel sebanyak 63 orang. Variabel penelitian yaitu komitmen tenaga kependidikan (X1), lingkungan kerja (X2), motivasi (Y) dan kinerja tenaga kependidikan (Z). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner (angket) yang terdiri dari 20 rincian pertanyaan variabel komitmen tenaga kependidikan (X1), 14 rincian pertanyaan variabel lingkungan kerja (X2), 16 rincian pertanyaan variabel motivasi (Y), dan 13 rincian pertanyaan variabel kinerja tenaga kependidikan (Z). Setiap pertanyaan diukur dengan menggunakan skala likert dengan opsi 5 pilihan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) sehingga arah dan besarnya pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen dapat tergambarkan secara jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Komitmen tenaga kependidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi; 2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi; 3) Komitmen tenaga kependidikan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan; 4) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan; 5) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan; 6) Komitmen tenaga kependidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan baik secara tidak langsung melalui motivasi. Komitmen tenaga kependidikan mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja tenaga kependidikan sebesar 0,083 dan pengaruh tidak langsung terhadap kinerja tenaga kependidikan melalui motivasi sebesar 0,187 sehingga pengaruh total komitmen tenaga kependidikan terhadap kinerja tenaga kependidikan melalui motivasi sebesar 0,27; 7) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan baik secara tidak langsung melalui motivasi. Lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja tenaga kependidikan sebesar 0,242 dan pengaruh tidak langsung terhadap kinerja tenaga kependidikan melalui motivasi sebesar 0,163. | en_US |
dc.subject | Komitmen Tenaga Kependidikan, | en_US |
dc.subject | Lingkungan Kerja, | en_US |
dc.subject | Motivasi dan Kinerja Tenaga Kependidikan. | en_US |
dc.title | PENGARUH KOMITMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN MELALUI MOTIVASI PADA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN | en_US |