Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Gerak Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan TP 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Audiovisual Gerak terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Two grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 50 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebanyak 25 siswa dan VIII-B sebanyak 25 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Media Audiovisual Gerak, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 59,72 dengan simpangan baku 7,06 dan pada kelas eksperimen yaitu 60,24 dengan simpangan baku 6,59 dan nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol yaitu 65,28 dengan simpangan baku 6,29 dan pada kelas eksperimen yaitu 80,4 dengan simpangan baku8 ,03. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ = 0,05, diperoleh thitung > ttabel (7,94 > 2,011), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media Audiovisual Gerak di SMP Nasrani 5 Medan