PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP T.A 2021/2022. Adapun populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-1) yang berjumlah 20 orang, Instrumen yang digunakan adalah tes Post-test dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrument serta lembar observasi respon peserta didik mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=54,753+0,262X. Dengan α = 0,05 Untuk uji kelinearan regresi post test diperoleh Fhitung< Ftabel atau 1,696<3,07, maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung (regresi) > Ftabel atau 17,999 > 4,41, maka Ha diterima. Berdasarkan uji tersebut, disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP T.A 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]