• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP SWASTA ETISLANDIA T.P. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    HERLINA PURBA.pdf (231.1Kb)
    Date
    2021-10-22
    Author
    PURBA, HERLINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Swasta Etislandia Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP SW. Etislandia Medan, dengan sampel yang terdiri dari 36 orang yaitu siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta respon angket siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemandirian belajar matematis : . Pada persamaan regresi kemandirian belajar matematis tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya ketiga variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji keberartian regresi kemandirian belajar matematis diperoleh dengan nilai dengan demikian dan untuk uji kelinearan regresi kemandirian belajar matematis diperoleh FHitung > FTabel atau maka Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang linear antara pendekatan saintifik (X) dengan kemandirian belajar matematis (Y), sehingga diterima ditolak Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemandirian belajar matematis, sehingga diharapkan pendekatan saintifik tidak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5433
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback