ANALISIS PENYIMPANGAN KAIDAH KALIMAT EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING GOOGLE CLASSROOM OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyimpangan kaidah kalimat efektif dalam pembelajaran daring Google Classroom Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen Medan.
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu : Bagaimana penyimpangan kaidah kalimat efektif dalam pembelajaran daring Google Classroom Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripsi dan menggunakan teknik pengumpulan data, penelitian ini observasi langsung pada objek yang diteliti. Sumber penelitian ini adalah kolom komentar, sumber data primer nya adalah penyimpangan kaidah kalimat efektif dalam pembelajaran daring kolom komentar di Google Classroom. Hasil penelitian diidentifikasi dari ciri kalimat tidak efektif yaitu ketidaklengkapan unsur kalimat, kalimat dipengaruhi bahasa inggris, kalimat mengandung makna ganda, kalimat bermakna tidak logis, kalimat mengandung pleonasme, struktur kalimat rancu sehingga di temukan penyimpangan kaidah kalimat efektif melalui observasi dan hasil bacaan yang telah dilakukan peneliti.