PENGARUH MEDIA TAYANGAN FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIDIKALANG
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Tayangan Film Pendek Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Cerpen di Kelas IX SMP Negeri 1 Sidikalang, bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tayangan film pendek terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX dengan jumlah 161 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX Joule yang ditentukan dengan teknik cluster sampling sebanyak 33 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan media tayangan film pendek, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 57,15 dengan standar deviasi 9,15 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 74,36 dengan standar deviasi 9,84. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (31,70>1,55), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media Tayangan Film Pendek terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Cerpen Kelas IX SMP Negeri 1 Sidikalang.