ANALISIS GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN VIDEO MOTIVASI MARIO TEGUH GOLDEN WAYS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa dalam kumpulan video motivasi Mario Teguh golden ways. Objek pada penelitian ini adalah pemakaian gaya bahasa dalam beberapa kumpulan video motivasi Mario Teguh Goldeen Ways di Metro TV (Edisi 23 Februari, 19 September, 7 Desember 2014.) Metode penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Dalam penelitian ini, peneliti mendengar sumber primer yaitu kumpulan video motivasi Mario Teguh Golden Ways. Setelah peneliti mendengar sumber primer maka dilakukanlah pengumpulan data. Kemudian, peneliti mengklasifikasikan gaya bahasa yang terkandung dalam sumber primer dan sekunder. Setelah data terkumpul, data terbut dianalisis menggunakan teknik padan. Penelitian ini menggunakan teknik dasar dan lanjutan.
Pada penelitian ini menghasilkan data berupa frase, klausa dan kalimat yang merupakan gaya bahasa dalam kumpulan video motivasi Mario Teguh Golden Ways edisi 23 Februari, 19 September, 7 Desember 2014. Peneliti menemukan adanya penggunaan gaya bahasa dalam kumpulan video motivasi Mario Teguh Golden Ways sebanyak 201. Peneliti menemukan adanya penggunaan gaya bahasa penegasan sebanyak 154, gaya bahasa sindiran sebanyak 11, gaya bahasa pertentangan sebanyak 8, gaya bahasa perbandingan sebanyak 28. Data disajikan dalam bentuk tabel tabulasi data primer dan tabel frekuensi dan presentase penggunaan gaya bahasa. Penggunaan gaya bahasa yang paling banyak dan sering digunakan oleh Mario Teguh yaitu gaya bahasa penegasan.