Penerapan Penggunaan Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui penggunaan model Resource Based Learning dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. (2) Untuk mengetahui ketercapaian hasil pembelajaran menggunakan model Resource Based Learning dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. (3) Untuk mengetahui perbandingan hasil pembelajaran dengan menggunakan model Resource Based Learning dan dengan menggunakan model lain.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku serta jurnal- jurnal dan juga tulisan-tulisan ilmiah yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Penelitian ini merupakan studi mengenai penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka yang menggunakan buku-buku dan literatur lainnya sebagai objek yang utama. Pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan maka jenis data yang akan diperoleh ada jenis data sekunder. Sumber data penelitian ini mencari data-data kepustakaan yang sesuai dengan penelitian yang sedang diteliti. Data yang disajikan adalah data yang berbentuk kata yang memerlukan pengolahan supaya ringkas dan sistematis.