Pengaruh Pendekatan Saintifik berbantu alat peraga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika peserta didik pada materi Balok dikelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik berbantu alat peraga terhadap kemampun pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi balok di kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen VIII-2. Instrumen yang digunakan adalah post test kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan bentuk essay test dan lembar observasi terhadap kegiatan peserta didik dengan pendekatan saintifik. Dari hasil perhitungan analisis regresi pemecahan masalah diperoleh persamaan regresi Y ̂=-41,703+1,401X. Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh F_hitung=50,489 dengan nilai F_Tabel=4,20 dengan demikian F_hitung> F_(tabel ) atau 50,489>4,20 sehingga H_a diterima H_0 ditolak. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang berarti antara pendekatan saintifik berbantu alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]