PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PEOPLE APLIKASI GRAB TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh Promosi dan People Aplikasi Grab terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Promosi dan People secara simultan dan parsial terhadap kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 7.989 orang dengan jumlah sampel yang terpilih menggunakan rumus Slovin sebanyak 99 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan : nilai signifikansi uji –t X1 = 0,000 < 0,05 atau t hitung = 5,456 > t tabel; (ɑ= 0,05/2, n-k-1) = 1,984; nilai signifikansi X2 = 0,000 < 0,05 atau t hitung = 7,641 > t tabel; (ɑ= 0,05/2, n-k-1) = 1,984 di mana X1 dan X2 berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Hasil uji – F diperoleh dengan nilai signifikansi F hitung sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung = 70,598 > F tabel (ɑ = k; n-k) = 3,09 yang berarti Promosi dan People Aplikasi Grab memiliki pengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Sementara koefisien determinasi( R Square) menunjukkan Kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan dipengaruhi oleh Promosi dan People Aplikasi Grab sebesar 59,5% dan sisanya sebesar 40,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan yaitu Y= -1,637 + 0,420X1 + 0,696X2 + з. Saran yang diberikan kepada Grab adalah untuk lebih meningkatkan promosi yang lebih beragam dan kualitas dari Driver.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]