PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN DISTRIBUSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK MIE INSTAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa ada tidaknya pengaruh Citra Merek, Harga, dan Distribusi terhadap Loyalitas Konsumen Produk Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Citra Merek, Harga, dan Distribusi secara parsial dan simultan terhadap Loyalitas Konsumen Produk Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menyebarkan kuesioner kepada responden dan pengukurannya menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah 7.991 orang dengan jumlah sampel yang terpilih menggunakan rumus Slovin sebanyak 99 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan Uji t (X1) = t hitung 3,582 > t tabel = 1,985 atau nilai signifikansi X1 0,001 < 0,05 yang berarti Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan secara pasrsial terhadap Loyalitas Konsumen. Uji t (X2) t hitung = -2,112 < t tabel = 1,985 atau nilai signifikansi X2 0,037 < 0,05 yang berarti Harga memiliki pengaruh negatif dan signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Konsumen. Uji (X3) = t hitung 4,471 > t tabel = 1,985 atau nilai signifikansi X3 0,000 < 0,05 yang berarti Distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Konsumen. Uji F (X1, X2, X3) F hitung = 79,758 > F tabel = 3, 09 atau nilai signifikansi (X1, X2, X3) = 0,000 < 0,05 yang berarti X1, X2, X3 beropengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Konsumen.
Saran yang dapat diberikan peneliti kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk selaku produsen mi instan Indomie adalah untuk selalu mempertahankan citra merek, harga, dan distribusi dengan baik agar dapat mempertahankan loyalitas konsumen akan produk Indomie.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]