• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Merancang Kegiatan Pembelajaran

    Thumbnail
    View/Open
    jurnal merancang kegiatan pembelajaran.perbaikanfinal.7mrt.pdf (244.6Kb)
    Date
    2017-03
    Author
    Manurung, Suparapto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengkaji mengenai kesulitan mahasiswa calon guru/ guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang membuat siswa aktif belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pencapaian agar siswa aktif belajar dengan menjalankan indikator-indikator yang telah dirancang oleh calon guru/ guru. Beberapa metode atau strategi telah dilaksanakan demi tercapainya pembelajaran yang aktif. Adanya penelitian ini pula mengingatkan mahasiswa calon guru/ guru untuk semakin memahami pentingnya merancang kegiatan belajar mengajar. dari hal ini diharapkan agar siswa aktif yang berarti terlibat baik mental maupun emosional. Penulis telah memilih suatu cara untuk mengaktifkan belajar dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun sederhana. LKS (Modul PLPG, 2012) adalah materi ajar yang dikemas sedemikian sehingga siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri, karena itu seyogianya LKS dapat memuat materi, ringkasan, dan tugas. Dalam menyusun LKS yang baik banyak hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan ini yang menjadi perhatian ada empat yaitu : 1) Tujuan belajar, 2) metode/strategi, 3) materi, 4) karakteristik siswa. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peneliti melakukan adanya pelaksanaan dan perencanaan tindak lanjut.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/513
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback