Show simple item record

dc.contributor.authorSijabat, Marcelina Katarina
dc.date.accessioned2021-02-09T04:46:27Z
dc.date.available2021-02-09T04:46:27Z
dc.date.issued2020-09-02
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5031
dc.description.abstract(2) Drs. Poltak Panjaitan, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin dan jumlah sampel 66 peserta didik yang terdiri dari 33 peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif sebanyak 20 item dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajarpeserta didik . Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 41,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,94. Sebelum diuji dengan uji t, dilakukan uji prasyarat yang menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji t diperoleh thitung = 0,81 < ttabel = 2,0012 pada taraf signifikan α = 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan awal peserta didik. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,30 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 67,58. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,95 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y = 6,23+ 0,95X. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2019/2020. Dimana besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 19,55%.en_US
dc.subjectDiscovery Learning,en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.subjectGelombangen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2019/2020en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record