dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Pesawat Sederhana di SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2020/2021.
Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pre-test-Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 196 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.
Dari hasil penelitian setelah kedua kelas diberi perlakuan berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 66,52 dengan standar deviasi 9,64 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 59,85 dengan standar deviasi 9,80. Hasil perhitungan uji t satu pihak untuk data post-test kelas eksperimen dengan α=0,05 dan dk=64 diperoleh thitung=2,787 dan ttabel=1,669, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2020/2021 pada materi pesawat sederhana. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh melalui uji regresi dengan persamaan . | en_US |