• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Desa Marindal I T.A. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Santi Maria Br. Nainggolan.pdf (386.4Kb)
    Date
    2020-09-14
    Author
    Br. Nainggolan, Santi Maria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah Ada Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII Desa Marindal I Semester Ganjil T.A. 2020/2021”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Desa Marindal I yang berjumlah 17 orang. Dengan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah sampel 17 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ= 8,4930 + 0,9035X. Pada persamaan regresi nilai (b) = 0,9035 bertanda positif, yang artinya bahwa variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Berdasarkan perhitungan uji keberartian regresi diperoleh Fhitung  Ftabel atau 62,22  4,54 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang berarti antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,8976 dengan taraf signifikan 5% dan N = 17 diperoleh rtabel sebesar 0,482 berdasarkan tingkat keeratan hubungan maka dapat disimpulkan bahwa variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang sangat kuat/tinggi. Berdasarkan perhitungan uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung  ttabel atau 7,8885  2,13145 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Dan berdasarkan perhitungan uji koefisien determinasi diperoleh r2 = 0,8058 atau 80,58% sehingga dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 80,58% selebihnya dipengaruhi faktor lain.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5019
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback