• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Susi Sihombing.pdf (294.0Kb)
    Date
    2020-08-09
    Author
    Sihombing, Susi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat peserta didik kelas VII SMP N 1 Pagaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN1 Pagaran. Dengan teknik Simple Random Sampling maka sampel penelitian atau kelas eksperimennya adalah kelas VII. Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Dari analisis data diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman konsep Y ̂ = 0,935 X + 11,05. Uji kelinearan regresi post-test diperoleh Fhitung= 0,426 maka atau 0,426<2,64 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 125,99 maka atau 125,99 > 4,14 maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat SMPN 1 Pagaran. Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5014
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback