Show simple item record

dc.contributor.authorSihotang, Uci Wanfinni
dc.date.accessioned2021-02-03T08:30:34Z
dc.date.available2021-02-03T08:30:34Z
dc.date.issued2020-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5006
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (bukti fisisk, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati) terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien pengguna BPJS yang ada di Poliklinik RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Hair et al. (2007) dikutip dari Aditi dan Hermansyur (2017) menyarankan untuk menggunakan sampel minimal 100 responden untuk hasil yang lebih baik. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji T, uji F dan regresi berganda. Hasil pengujian yang dilakukan secara parsial diketahui bahwa variabel bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir, variabel kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir, variabel ketanggapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir, variabel jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir dan variabel empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir. Terdapat pengaruh signifikan dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati secara simultan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir. Nilai R square dalam penelitian ini sebesar 0,739 yang artinya kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 73,9% sedangkan sisanya sebesar 26,1% dijelaskan oleh variabel bebas lain diluar model penelitian ini.en_US
dc.subjectBukti Fisik,en_US
dc.subjectKehandalan,en_US
dc.subjectKetanggapan,en_US
dc.subjectJaminan,en_US
dc.subjectEmpati dan Kepuasan.en_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSUD DR. HADRIANUS SINAGA KABUPATEN SAMOSIRen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record