• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA

    Thumbnail
    View/Open
    Trisanto Saur Mangasi Sitoru.pdf (319.9Kb)
    Date
    2020-09-29
    Author
    Sitorus, Trisanto Saur Mangasi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajaran TTW dalam pembelajaran materi ajar menulis teks berita sangat penting dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu seorang guru harus terlebih dahulu menganalis pola atau sintak yang terkandung dalam model TTW sehingga guru tersebut dapat memahami kegiatn-kegiatan apa yang harus dilaksanakan oleh guru dan murid dalam kelas dan kegiatan-kegiatan tersebut akan menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Jadi, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana Analisis Penerapan Model Pembelajaran TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita? (b) Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran menulis teks berita sebelum penerapan model pembelajaran TTW? (c) Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran menulis teks berita setelah penerapan model pembelajaran TTW? .Untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan data.Karena penelitian ini menggunakan metode pustaka maka data yang diperoleh untuk menjawab pertanyaan tersebut hanya data sekunder, yang diperoleh dari berbagai macam buku referensi dan hasil penelitian terdahulu. Data sekunder tersebut dianalisis dengan pengorganisasian data menjadi satu kesatuan, mencari dan menemukan apa yang penting dana apa yang dapat diuraikan, dengan penggunaan reduksi data, penyajian data (display data), verifikasi (menarik kesimpulan). Penelitian ini menghasilkan, bahwa Penerapan model pembelajaran TTW dapat digunakan sebagai dasar penentuan: perencanaan pembelajaran materi menulis teks berita, pola pembelajaran materi menulis teks berita, mendesain/merancang pola pembelajaran secara tatap muka dalam kelas, media pembelajaran dan sumber belajar, metode pembelajaran, sebebelum penerapan model kemampuan TTW dalam pembelajaran materi ajar menulis teks berita, kemampuan murid menulis teks berita hanya meperoleh hasil nilai terendah 34 dan tertinggi adalah 75,5 dengan nilai rata-rata 60,59 dan dikategorikan kurang, penerapan model pembelajaran TTW dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik terhadap kemampuan murid menulis teks berita daripada sebelum penerapan model TTW. Hal ini dapat terbukti dari hasil penelitian terdahulu sebagai data sekunder dalam penelitian ini, yaitu: diperoleh hasil terendah 64 dan tertinggi adalah 89,50 dengan nilai rata-rata 77,49 dan dikategorikan baik, penerapan model TTW dapat mencapai tujuan pembelajaran materi ajar menulis teks berita.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4921
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback