PERAN PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS ANEKDOT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penerapan model Concept Sentence terhadap hasil belajar menulis teks anekdot. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. sum data berasal dari buku-buku mengenai metode concept sentence dan buku mengenai teks anekdot. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara terhadap guru dan observasi yang dilakukan kepada siswa dengan memberikan penugasan menulis teks anekdot melalui google classroom, hal itu dibuktikan dengan adanya hasil nilai siswa yang dominan diatas nilai 75 atau standard kelulusan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Peran Penerapan Model Concept Sentence terhadap Hasil Belajar menulis Teks Anekdot efektif digunakan dalam pembelajaran, dibuktikan dari hasil nilai menulis teks anekdot.