EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING (PANDUAN MENGAJAR) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X PERGURUAN ORTHODOX AGIA SOPHIA SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN (SMTK) TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas model pembelajaran Guided Teaching terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMTK Jalan Sembahe Baru Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian dilakukan secara cluster. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah penugasan individu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan uji “t” dengan hasil nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen adalah 79,61 dengan kategori baik, standar deviasi = 6,32. Sedangkan hasil nilai rata-rata post test untuk kelas kontrol adalah 68,2 dengan kategori cukup, standar deviasi = 7,26. Berdasarkan uji normalitas, hasil posttest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 6,89. Selanjutnya, t0 dengan dk = (n1 + n2) – 2= 68. Diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1%= 2,65. Dengan demikian t0 lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 6,89 > 2,65, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran guided teaching (panduan mengajar) efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMTK Jalan Sembahe Baru Tahun Pembelajaran 2013/2014.